Kamis, 08 Maret 2012

Sinopsis Buku Baban Sarbana : On the Road

Buku kedua dari serial Lebah Cerdas (sebelumnya Baban Sarbana telah menelurkan “Hati Tak Bersudut”) ini nyaris terjebak menjemukan pembaca seandainya hanya berkisah mengenai pengalamannya selama berkereta api. Penulis menyiasatinya dengan pengalamannya di luar “gerbong kereta” seperti yang tersaji dalam cerita “Supir Taksi yang Komentator”, “Penumpang yang Aneh”, “Tukang Ojeknya Wanita”, dan “Gadis Slow Motion Jaga Kios Ponsel”. Saya jadi tahu kenapa tukang cukur kebanyakan dari Garut dalam “Tintin van Garut”. Saya bahkan ngakak pada cerita “Parung Bingung dan Bantar Kambing”.

Secara keseluruhan, saya angkat topi untuk Baban Sarbana yang telah berhasil merangkum pengalaman-pengalamannya, terutama saat berkereta, dengan bahasa yang sederhana dan bergizi. Kisah-kisahnya, meski terkadang pendek, namun mengandung hikmah. Penulis mengungkapkan, ia memang selalu menyiapkan notes kecil untuk mencatat hal-hal unik yang dia temui sepanjang perjalanan berkereta. Kadang hanya direkam di otak untuk selanjutnya ditulis di blognya, http://lebahcerdas.blogdetik.com, atau notes di facebook.

Selain mengetengahkan hasil penginderaannya terhadap kehidupan di dalam kereta, penulis juga dengan cerdas menyelipkan kritik sosialnya terhadap pejabat dan elite politik yang saat ini sedang bertarung memperebutkan kursi kepresidenan. Dia juga mengkritik para (oknum) polisi yang ada ‘main’ dengan para pelaku kejahatan lewat “Oknum Polisinya Sudah Kenal”.

Terlepas dari kisah-kisahnya yang bernilai dengan ramuan hikmah dan humor, buku ini masih memiliki sedikit ‘cacat’, semisal ejaan ‘katagori’ dan eksebisionis (hal. 13), penggunaan kata tidak baku “nggak” yang kadang dicetak miring kadang tidak (hal. 9-13), istilah asing yang tidak dicetak miring “hit and run” (hal. 20), serta dua halaman yang salah cetak, yaitu hal. 111-112 dan hal. 145-146.

Didukung oleh font yang nyaman di mata dan sampul depan yang adem berwarna hijau, membuat buku ini layak menjadi teman perjalanan berkereta Anda.


sumber disini

0 komentar:

Posting Komentar